Langsung ke konten utama

Umrah Part 1 (Day-1 at Mecca)

haloo.. lama nggak muncul yaa hehe
*i'll share photos soon
kali ini aku akan berbagi sedikit pengalamanku waktu umrah kemarin, mungkin akan sedikit panjang dan akan dibagi jadi beberapa part kali ya hehe..
jadi waktu itu jadwal flight nya hari Selasa tanggal 12 Desember 2018 dari Soetta, tapi kita (rombongan) berangkat dari rumah udah dari malem selasanya, sampe sampe di bandara pas shalat subuh, dan kita ditempatkan di lounge umrah yang memang disediakan sama pihak bandara khusus buat jamaah yang mau umrah, disana kita diperailahkan buat bersih bersih dan juga makan sebelum kita flight jam 11 siang. nah barulah jam 11 siang kita flight setelah urusan check in dan imigrasi selesai, and you know what? ini sebetulnya first flight aku, dan sekalinya naik pesawat, langsung long flight 😂, oiya dari jakarta ke jeddah butuh waktu kurang lebih 9 jam untuk sampai. ada takutnya dikit sih, karena waktu itukan belum lama, ada kecelakaan pesawat lion air, tapi untungnya aman aman aja Alhamdulillah, naik pesawat gaada bedanya kaya naik bis kalo kata aku wkwkwk cuma aga berisik aja pas take off sama landing. selama 9 jam itu kita dikasih makan berat 2 kali, dan itu paket lengkap sih 😂, udah ada makanan pembuka, makanan utama sama makanan penutup. untuk ukuran makanan pesawat sih enak bangeet makanannya.

nah singkat cerita, setelah 9 jam di pesawat, sampailah tuh kita di bandara King Abdul Aziz di Jeddah jam 5 sore waktu setempat, karena waktu disini 4 jam lebih siang dari indo. pas turun pesawat langsung di sambut sama sunset yang baguus banget, kaya lo lagi liat sunset di pantai kalo di Indo, mataharinya keliatan gede, sayang nggak sempet ku potret karena ribet bawa-bawa tas. abis itu kita langsung ke bagian imigrasi, disini antre nya cukup lama karena banyak banget sesama jamaah umrah lain yang dari indo juga, yang datengnya samaan. setelah urusan administrasi selesai, kita langsung ihram (niat umrah) masih di bandara, kalo laki-laki langsung ganti ke pakaian ihram, yang perempuan tetep pake baju biasa yang penting seluruh aurat tertutup kecuali wajah sama telapak tangan, pas pemberitahuan awalnya sih kita harusnya niat ihram di yalamlam (ini salahsatu tempat atau miqat dimana kita bisa mulai niat ihram), cuma waktu itu keadaannya kita di pesawat dan agak ribet untuk laki-laki ganti baju dipesawat, jadi diputuskanlah untuk ngambil miqat di jeddah.
dari Jeddah, kita langsung menuju ke mekkah naik bis, perjalanannya butuh waktu sekitar 1 jam, nah, karena kita udah niat ihram, larangan-larangan ihram disini mulai berlaku, kaya gaboleh pake wangi-wangian, dilarang bertengkar, dilarang pake baju yang berjahit kalo untuk laki-laki, tapi kalo batal wudhu ga apa-apa, kita bisa ambil wudhu lagi pas udah sampai Mekkah. nah begitu kita sampe di Mekkah sekitar jam 12 malem, kita langsung pergi ke hotel untuk simpen barang-barang sebentar abis itu langsung pelaksanaan umrahnya. disitu rasanya campur aduk deh, seneng, ganyangka, terharu, gasabar jadi satu. kebetulan hotel tempat kita stay, namanya elaf kinda jaraknya deket banget dari mesjidil haram, begitu keluar hotel, bangunan masjidil haram bisa langsung keliatan.
rasanya pertama kali menginjakkan kaki di pelataran mesjidil haram adalah amaze, aku langsung nengok kanan kiri liat bangunan mesjid yang gede bangeet  belom lagi bangunan-bangunan disekelilingnya, termasuk zamzam tower, dan kayanya baru kali ini liat masjid segede ini sepenuh itu sama orang-orang. kita masuk lewat jalur khusus umrah, gate nya gate 87 sama 88 kalo nggak salah, pokonya pas keluar dari pintu situ lo akan langsung menemukan domino, mcd dan kfc berjejer berdampingan wkwk *nanti kuceritain bagian ini 😂*.
back to topic, setelah masuk ke dalam mesjidnya, kita (rombongan) langsung melaksanakan shalat isya sekaligus shalat maghrib berjamaah, karena kita udah niat shalat jama' ta'khir pas di bandara. barulah setelah shalat isya kita lanjut ke rangkaian umrah yang lainnya setelah tadi niat ihram, yaitu thawaf. thawaf ini, kita mengelilingi ka'bah selama 7 kali, dengan do'a do'a tertentu di setiap putarannya. nah pas pertama kali liat ka'bah secara langsung, kita demua gaada yang nggak nangis cuuy 😂😢 aseliik rasanya tuh kaya sediih banget, sedih terharu nggak nyangka bisa jadi salahsatu orang yang diundang sama Allah buat liat ka'bah secara langsung, sedangkan kita sendiri ngerasa bukan siapa-siapa, bukan orang yang suci, tapi kok bisa sampe sini. nah pas pertama kali liat ka'bah itu kita dibimbing sama pembimbingnya buat baca do'a, sebelum kita melaksanakan tawaf.
pas tawaf ini, karena kita kesana tengah malem, jadi agak lengang kalo dibandingkan sama waktu-waktu lainnya, putaran tawaf ini dimulai dari pojokan pintu ka'bah, dan ada tanda lampu hijau dibagian atas masjid, jadi semua orang bisa liat tananya meskipun jaraknya jauh dari ka'bah, muternya ini kita berlawanan sama arah jarum jam. setiap putaran itu sebetulnya ada do'anya atau bacaannya, cuma kita emang nggak dituntut untuk hafal, kita bebas berdo'a apa aja kali memng nggak hafal bacaannya, karena tawaf nggak seperti shalat yang bacaannya udah ditentukan harus gitu. meskipun tadi kubilang disekitaran ka'bah cukup lengang, tapi jangan dibayangin kosong banget gaada orang, kita tetep desek-desekan , tapi nggak sampe yang kita kejepit diantara orang-orang gitu, masih tetep ada jarak walopun dikit. oiya pas kita tawaf ini wudhu kita harus tetep dijaga, kalo misalkan batal, kita harus keluar dulu untuk wudhu baru balik lagi untuk tawaf, tapi putaran yang udah kita lewati tetep dihitung dan kita tinggal lanjutin aja ke putaran selanjutnya. pas tawaf ini juga kita dilarang buat membelakangi ka'bah, sebis mungkin kita jangan nengok kanan, karena otomatis akan membelakangi ka'bah. setelah beberapa putaran, kali nggak dalah di putaran ke 3 atau ke 4 gitu, lupa, rombongan kita alhamdulillah makin deket ke ka'bah, jadi putarannya makin pendek karena diameternya makin kecil, tapi sedeket deketnya kita, gaboleh dulu pegang ka'bah kalo lagi tawaf umrah  kecuali kalo lagi tawaf sunnah *nati kuceritain lagi bedanya tawaf umrah sama tawaf sunnah*. selama tawaf, jujur ku nangis terus, keinget dosa, terus pembimbingnya juga bisa banget ngajak kita muhasabah selama tawaf, selain itu, kujuga nangis pas liat disamping kiri ada bapak bapak gatau orang mana, tapi dari mukanya masih keliatan arab arab gitu, dia seorang disabilitas, untuk jalan nya dia ngesot gitu tapi tetep semangat melaksanakan tawaf, melaksanakan ibadah, beda banget sama kita yang kadang males malesan buat ibadah 😢😢. dan dengan sendirinya orang orang menepi, ngasih jalan khusus buat si bapak ini biar tetep nyaman dan ngejagain biar nggak ke injak injak sama jamaah yang lain, what a beautiful view. adeem banget rasanya liat pemandangan ini, dimana orang-orang bantuin saudaranya dengan ikhlas.
setelah selesai 7 putaran tawaf, kita langsung sunnah ba'da tawaf sebanyak 2 rakaat, abis itu kita berdoa yang intinya mengucapkan syukur sama Allah dan di sunnahkan juga katanya untuk minum air zamzam setelah tawaf. nah abis itu kita semua lanjut ke bukit shafa untuk mulai pelaksanaan sa'i, sa'i ini kita berjalan dari bukit shafa ke bukit marwa sebanyak 7 kali juga, itungannya gini --> (shafa-marwa-shafa-marwa-shafa-marwa-shafa- dan berakhir di marwa). terus jangan bayangin kita jalan bolak balik shafa-marwa jalanannya batu kerikil terus padang pasir, karena puncak shafa & marwa nya udah ada di dale masjidil haram, jadi, udah di bangun sedemikian rupa buat memudahkan jamaah haji/ umrah untuk sa'i, puncak bukit shafa sendiri masih keliatan kaya aslinya berupa batu yang di halangin sama kaca, jadi kita bisa liat lewat kaca, gabisa nyentuh secara langsung, beda sama bukit marwa yang udah sejajar sama lantai nya, tapi masih keliatan aslinya berupa batu dan kita bisa sentuh atau duduk diatasnya. jadi pas sa'i kita jalan di lantai biasa ya, bukan tanah gitu, udah dibuat nyaman pokoknya. kebayang kan  jaman siti hajar dulu, mungkin lebih sulit dari kita sekarang.  kalo buat yang sakit dan ga kuat untuk jalan kaki, disediakan jalur khusus buat yang pake kursi roda disana banyak abang abang yang sedia  jasa sewa kursi roda sekaligus bisa di dorongin juga sama abangnya, biayanya sekitar 100-200 riyal. oiya lupa, jasa sewa kursi roda ini juga bisa untuk tawaf, tapi untuk tawaf yang pakai kursi roda, nggak bisa dilantai satu atau dilantai yang ada ka'bahnya, karena akan penuh banget sama orang, agak susah kalo ikut berdesakan pake kursi roda, jadi disediakan di lantai 2.
nah, setelah selesai sa'i ini, masih di marwa, lanjut lah ke rangkaian terakhir dari seluruh rangkaian umrah, namanya tahalul. dalam tahalul ini, kita diharuskan buat memotong rambut kita minimal 3 helai, cuma ya ga dihitung juga gapapa, nggak mesti 3 banget kok 😂, kita ambil aja se uprit asal lebih dari 3, langsung deh gunting, nah diguntingnya boleh sama diri sendiri, sama mahram, atau sesama perempuan atau juga sesama laki-laki. potongan rambutnya jangan dibuang sembarangan ya, disana udah disediakan tempt sampah kok buat buang potongan rambut kita. selesai deh seluruh rangkaian umrah kita. waktu itu kita selesainya jam 3 pagi, tapi nggak kerasa jam segitu, karena masjidil haram nggak pernah sepi selama 24 jam. nah kalo dirangkum, pelaksanaan umrah itu dimulai dari ihram di miqat (niat di tempat tertentu), tawaf, sa'i dan terakhir tahalul. nah abis itu, kita semua balik lagi ke hotel buat istirahat sebelum waktu shalat shubuh.
sampe situ dulu kali ya ceritanya, disambung di part selanjutnya babaaay